Jumat, 13 Maret 2015

Resume Materi Perkuliahan Pertemuan ke-2

Resume perkuliahan ke-2 pada mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan pada hari Selasa, 17 Februari 2015 dengan dosen Amril Muhammad, S.E, M. Pd yang membahas tentang alasan mempelajari pemasaran serta konsep dasar pemasaran.

A.     Mengapa mempelajari pemasaran?
1.      Banyak faktor yang berkontribusi untuk membuat sebuah bisnis berhasil. Misalnya fokus terhadap pembeli menjadi pilihan utama, lalu ada komitmen, dalam pendidikan contohnya itu menyenangkan peserta didik dan bagaimana memuaskan pelanggan dimana pelanggan diartikan semua pihak yang mempunyai hubungan kerja dengan bisnis kita, atau semua pihak yang terkait dalam proses produksi.
2.      Perusahaan-perusahaan ini berbagi dedikasi mutlak untuk memahami dan memenuhi konsumen pada sasaran pasar. Yang terpenting disini, bagaimana memuaskan pelanggan dengan pelayanan perusahaan agar pelanggan merasa puas.
3.      Mereka memotivasi semua orang di organisasi yang menghasilkan nilai unggul untuk pelanggan mereka, pemuatan ke tingkat tinggi dari kepuasan pelanggan. Seperti memotivasi semua orang yang ada di organisasi, nilai-nilai produk dan kemampuan tinggi.

B.      Apa itu pemasaran?
Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang dibutuhan dan diinginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai dengan orang lain. Proses social disini yaitu kegiatan pemasaran yang dihadapi oleh manusia (pembeli dengan penjual atau sebaliknya) dan kenapa disebut manajerial? Karena dalam pemasaran juga butuh perencanaan yang matang agar produk yang dipasarkan diminati pelanggan.
Di dalam pemasaran terdapat kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan adalah keadaan dari rasa kurang sedangkan keinginan adalah diambil dari kebutuhqan manusia karena mereka dibentuk oleh budaya dan kepribadian individu.

C.      Produk
Produk adalah semua hal yang bisa ditawarkan untuk pasar perhatian yang diambil, konsumsi yang dapat memberi kepuasan baik keinginan maupun kebutuhan termasuk objek fisik, jasa orang, tempat, organisasi, dan ide.
Goods (barang)     : tangible/nyata

Services (jasa)       : intangible/tidak nyata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar