Resume perkuliahan ke-2 pada mata kuliah Manajemen
Pemasaran Jasa Pendidikan pada hari Selasa, 17 Februari 2015 dengan dosen Amril
Muhammad, S.E, M. Pd yang membahas tentang alasan mempelajari pemasaran serta konsep
dasar pemasaran.
A. Mengapa
mempelajari pemasaran?
1. Banyak
faktor yang berkontribusi untuk membuat sebuah bisnis berhasil. Misalnya fokus
terhadap pembeli menjadi pilihan utama, lalu ada komitmen, dalam pendidikan
contohnya itu menyenangkan peserta didik dan bagaimana memuaskan pelanggan
dimana pelanggan diartikan semua pihak yang mempunyai hubungan kerja dengan
bisnis kita, atau semua pihak yang terkait dalam proses produksi.
2. Perusahaan-perusahaan
ini berbagi dedikasi mutlak untuk memahami dan memenuhi konsumen pada sasaran
pasar. Yang terpenting disini, bagaimana memuaskan pelanggan dengan pelayanan
perusahaan agar pelanggan merasa puas.
3. Mereka
memotivasi semua orang di organisasi yang menghasilkan nilai unggul untuk
pelanggan mereka, pemuatan ke tingkat tinggi dari kepuasan pelanggan. Seperti
memotivasi semua orang yang ada di organisasi, nilai-nilai produk dan kemampuan
tinggi.
B. Apa
itu pemasaran?
Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial
dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang dibutuhan dan diinginkan
melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai dengan orang lain. Proses
social disini yaitu kegiatan pemasaran yang dihadapi oleh manusia (pembeli
dengan penjual atau sebaliknya) dan kenapa disebut manajerial? Karena dalam
pemasaran juga butuh perencanaan yang matang agar produk yang dipasarkan
diminati pelanggan.
Di dalam pemasaran terdapat kebutuhan dan keinginan.
Kebutuhan adalah keadaan dari rasa kurang sedangkan keinginan adalah diambil
dari kebutuhqan manusia karena mereka dibentuk oleh budaya dan kepribadian
individu.
C. Produk
Produk adalah
semua hal yang bisa ditawarkan untuk pasar perhatian yang diambil, konsumsi
yang dapat memberi kepuasan baik keinginan maupun kebutuhan termasuk objek
fisik, jasa orang, tempat, organisasi, dan ide.
Goods (barang) : tangible/nyata
Services (jasa) : intangible/tidak nyata
Tidak ada komentar:
Posting Komentar