A.
Definisi
Quality (Kualitas)
Menurut Kotler (1997) mendefinisikan kualitas
sebagai keseluruhan ciri dan karakteristik produk atau jasa yang mendukung kemampuan
untuk memuaskan kebutuhan. Hal ini didukung oleh pendapat Gaze dan Buzzell
(1989) serta Band (1989) bahwa yang dimaksud kualitas adalah perceived quality,
yaitu perspektif pelanggan. Krajewski dan Ritzman (1990) membedakan pengertian
kualitas menurut pandangan produsen dan konsumen. Menurut pandangan produsen,
kualitas adalah kesesuaian terhadap spesifikasi, dalam hal ini produsen
memberikan toleransi tertentu yang dispesifikasikan untuk atribut-atribut
kritis dari setiap bagian yang dihasilkan. Dari sudut pandang konsumen,
kualitas adalah nilai (value), yaitu seberapa baik suatu produk atau jasa
menyediakan tujuan yang dimaksudkan dengan tingkat harga yang bersedia dibayar
konsumen dalam menilai kualitas. Yang meliputi perangkat keras yang berupa wujud
fisik atau peralatan, pendukung produk atau jasa, dan kesan secara psikologis.
Menurut Webster Dictionary, Dalam Webster
dictionary, kualitas diartikan sebagai “the degree of excellence”. Definisi ini
mengandung pengertian komperatif terhadap tingkat produk (grade) tertentu. Menurut Westinghouse, Kualitas adalah performa
kerja yang dapat memenuhi keinginan customer secara cepat dan tepat. Kualitas
menurut ISO 9000:2000 adalah derajat atau tingkat karakteristik yang melekat
pada produk yang mencukupi persyaratan atau keinginan.
Menurut Juran dalam Schonberger dan Knod (1997),
kualitas adalah fitness for use / kesesuaian penggunaan. Menurut Taguchi (1987)
kualitas adalah loss to society, yang maksudnya adalah apabila terjadi
penyimpangan dari target, hal ini merupakan fungsi berkurangnya kualitas. Pada
sisi lain, berkurangnya kualitas tersebut akan menimbulkan biaya. Strategi
Taguchi (1987) memfokuskan pada peningkatan efisiensi untuk perbaikan dan
pertimbangan biaya, khususnya pada industri jasa.
Sumber:
http://artecops.blogspot.com/2011/10/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html
(Diakses pada tgl 18 Februari 2015 pada pukul 20.46)
http://www.slideshare.net/yobelyasahertian/tugas-individu-manajemen-kualitas?related=1
(Diakses pd tgl 22 Februari 2015 pukul 9.50)
http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/09/sistem-manajemen-kualitas-qms-definisi.html
((Diakses pd tgl 22 Februari 2015 pukul 9.56)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar