Senin, 27 April 2015

Resume Perkuliahan Pertemuan Ke-10

Pada pertemuan perkuliahan MPJ yang ke-10 Hari Selasa, 21 April 2015 di ruang 306 Daksinapati. Dosen kami bapak Amril Muhammad S. E, M. Pd, tidak dapat hadir untuk memberikan materi perkuliahan sehingga materi perkuliahan disampaikan oleh kelompok 8 yang terdiri dari Ariq Diaz Djohar dan Jujun Junaedi yang mempresentasikan mengenai konsep merek dagang dan konsep nilai dalam pemasaran jasa pendidikan. Berikut resume perkuliahan yang saya dapatkan:
A.    Konsep Merek Dagang Dan Konsep Nilai Dalam Pemasaran Jasa Pendidikan

1.        Pengertian Brands (Merek)
Menurut Undang-Undang RI Nomor 15 Tahun 2001 Tentang Merek
           Merek adalah tanda yang berupa gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yangmemiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan
Menurut Kotler
           Merek adalah sebuah nama, istilah, tanda, simbol atau rancangan atau bahkan kombinasi dari semuanya tadi, yang dimaksudkan untuk menyebutkan barang-barang atau jasa dari seseorang atau sekelompok penjual agar terbedakan dari para pesaingnya
Menurut Bruce J. Walker
Merek adalah suatu nama, istilah, tanda atau desain atau gabungan semua yang diharapkan mengidentifikasikan barang atau jasa dari seseorang atau sekelompok penjualan

2.        Manfaat Merek
a) Bagi Konsumen
·          Mempermudah konsumen meneliti produk atau jasa.
·          Membantu konsumen atau pembeli dalam memperoleh kualitas barang yang sama, jika mereka membeli ulang serta dalam harga

b) Bagi Penjual
·          Merek memudahkan penjualan untuk mengolah pesanan pesanan dan menekan permasalahan
·          Membantu penjual mengawasi pasar mereka karena pembeli tidak akan menjadi bingung
·          Memberi penjual peluang kesetujuan konsumen pada produk
·          Membantu penjual dalam mengelompokan pasar ke dalam segmen-segmen.
·          Citra perusahaan dapat dibina dengan adanya merek yang baik
·          Dengan merek akan melindungi penjualan dari pemalsuan ciri-ciri produk tersebut


3.        Fungsi Merek
§   Fungsi identitas
§   Fungsi kualitas
§   Fungsi loyalitas
§   Fungsi citra/image

4.        Building Strong Brands (membangun merek yang kuat)
·          Brands positioning (Penempatan Merek)
·          Brand Name Selection (Seleksi Nama Merek)
·          Brand sponsorship (Sponsor Merek)
·          Brand development (Mengembangkan Merek)
·          Managing brand

B.      Pemasaran
  • Wiliam J. Santon
Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan
  • Phillip Kotler
Pemasaran adalah proses sosial dan manajerial dengan mana seseorang atau kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai.

C.     Jasa
§  Lehtinen
      Jasa adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan yang berlangsung dalam interaksi dengan orang atau mesin fisik dan yang menyediakan kepuasan konsumen

§  William J. Stanton
      Jasa adalah kegiatan yang dapat diidentifikasikan, yang bersifat tak teraba, yang direncankan untuk pemenuhan kepuasan pada konsumen

§  Menurut Valarie A. Zethaml dan Mary Jo Bitner
      Jasa adalah merupakan semua aktivitas ekonomi yang hasilnya bukan berbentuk produk fisik atau konstruksi, yang umumnya dihasilkan dan dikonsumsi secara bersamaan serta memberikan nilai tambah, misalnya kenyamanan, hiburan, kesenangan atau kesehatan.

D.     Nilai
Ahli ekonomi bad ke-19, berpendapat bahwa nilai adalah suatu konsep subyektif, bukan suatu konsep obyektif. Konsumen menentukan nilai suatu produk sesuai dengan kapasitas produk itu untuk memuaskan keinginannya. Para konsumen dianggap memilik satuan ukuran tentang kemanfaatan, yakni mereka dapat menentukan suatu angka yang dapat diukur untuk setiap produk atau setiap himpunan produk yang terikat menjadi satu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar