Resume perkuliahan
Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan pertemuan ke-7 Pada Hari Selasa, 31 Maret
2015 oleh kelompok 6 yaitu saya sendiri dengan Nani Hadijah dikarenakan Pak
Amril Muhammad tidak dapat hadir dalam perkuliahan dengan membahas tentang Marketing Mix. Berikut resumenya:
A. PENGERTIAN
MARKETING MIX (BAURAN PEMASARAN)
1. Menurut
Alma
Dalam bukunya yang berjudul
Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, “Marketing Mix” adalah suatu
istilah yang menggambarkan seluruh unsur pemasaran dan faktor produksi yang
dikerahkan guna mencapai tujuan-tujuan badan usaha misalnya mencapai laba,
return of investment, peningkatan omzet penjualan, menguasai pasar dan sebagainya.
2. Menurut
Saladin
Marketing Mix atau Bauran
pemasaran adalah kombinasi dari empat element pokok yang terdapat dalam program
pemasaran perusahaan
3. Menurut
Tjiptono
Dalam bukunya yang berjudul
Pemasaran Jasa, Bauran pemasaran (marketing mix) merupakan seperangkat
alat yang dapat digunakan pemasar untuk membentuk karakteristik jasa yang
ditawarkan kepada pelanggan.
4. Menurut
Zeithaml dan Bitner yang dikutip oleh Hurriyati
Bauran pemasaran adalah
elemen-elemen organisasi perusahaan yang dapat dikontrol oleh perusahaan dalam
melakukan komunikasi dengan konsumen dan akan dipakai untuk memuaskan konsumen
Jadi
dapat disimpulkan bahwa marketing mix atau bauran pemasaran merupakan
unsur-unsur pemasaran yang saling terkait dibaurkan, diorganisasi dan digunakan
dengan tepat, sehingga perusahaan dapat mencapai tujuan pemasaran yang efektif,
sekaligus memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen.
B. ELEMEN
–ELEMEN BAURAN PEMASARAN
1.
Menurut Lovelock
Marketing mix
terdiri dari variabel product, price, place, dan promotion atau sering
disingkat 4P merupakan bauran pemasaran yang dipergunakan untuk kegiatan
marketing yang berkaitan dengan produk yang bersifat barang. Variabel marketing
mix yang terdiri dari 4P ini sering dikatakan sebagai bauran pemasaran yang
konvensional atau tradisional. Sedangkan bauran pemasaran jasa atau Service
Marketing Mix terdiri atas unsur 4P ditambah dengan unsur variabel lain terdiri atas variabel 4P (Product,
Price, Place, dan Promotion) ditambah dengan variabel process, people
serta promise. Maka variabel marketing mix jasa sering disingkat
dengan 7P :
a.
Product, Price, Place, Promotion (Produk,
Harga, Tempat, Promosi)
Variabel pertama marketing mix
adalah produk, karena keberadaan produk akan menuntun pada terbentuknya harga
produk. Maka variabel produk akan diikuti dengan variabel harga. Sedangkan
variabel selanjutnya adalah variabel distribusi. Kegiatan distribusi akan
dilakukan tentu saja setelah keberadaan produk beserta harga ditetapkan.
Variabel promosi adalah kegiatan pendukung dari setiap variabel marketing mix
yang lain. Setelah variabel produk, harga, dan distribusi ditetapkan, maka
keberadaan variabel promosi sangat penting.
b. Process,
People, Promise (Proses, Karyawan, Janji)
Variabel lain yang menambahkan
variabel 4P sebelumnya merupakan pembeda antara kegiatan pemasaran barang dan
pemasaran jasa. Misalnya variabel proses, semua kegiatan yang berkaitan dengan
jasa tidak dapat dipisahkan dengan adanya proses. Proses jasa yang tepat adalah
mengikuti alur atau prosedur kegiatan penyampaian jasa secara tepat, serta
didukung oleh prosedur tahapan yang harus dilalui secara tepat.
Selain
itu, variabel bauran pemasaran jasa lainnya adalah keberadaan people, atau
petugas penyedia jasa terkait sebagai pemberi jasa. Artinya, jasa merupakan
produk yang dihasilkan oleh pegawai atau orang yang memberikan jasa. Dan
selanjutnya variabel promise atau janji, indikator penilaian jasa dapat
diidentifikasi dari pemenuhan janji perusahaan jasa kepada pelanggan. Jika
janji yang disampaikan tidak sesuai dengan harapan yang dimiliki oleh
pelanggan, maka jasa tersebut tidak atau kurang memberikan kepuasan bagi
pelanggan.
2.
Menurut Rambat Lupiyoadi – A. Hamdani
dalam buku “Manajemen Pemasaran Jasa”
a) Produk
Ø Merek
dan Diferensiasi
Ø Bukti
Fisik (Physical evidence)
-
Bukti penting (essential evidence)
-
Struktur biaya
-
Bukti pendukung (peripheral evidence)
-
Sumber daya yang digunakan
-
Siklus hidup jasa.
-
Kondisi ekonomi secara umum
-
Elastisitas permintaan.
-
Kapasitas jasa
b) Penentuan
harga
v Tujuannya:
- Bertahan.
- Pengembalian investasi
- Memaksimalkan laba dan penjualan
- Gengsi atau prestise
v Faktor-faktor
yang mempengaruhi:
-
Positioning
(pemosisian) jasa
-
Sasaran perusahaan
-
Tingkat persaingan.
c) Tempat
(Sistem penyampaian jasa)
a.
Lokasi
Ø Konsumen
mendatangi pemberi jasa (perusahaan)
Ø Pemberi
jasa mendatangi konsumen
Ø Pemberi
jasa dan konsumen tidak bertemu secara langsung
b.
Saluran distribusi
Ø Penjual
langsung (direct sales)
Ø Agen
atau broker
Ø Waralaba
(franchises) dan pengantar jasa terkontrak
d) Orang
a.
Contractors
b.
Modifiers
c.
Influencers
d. Isolateds
e) Proses
Gabungan semua aktivitas
yang terdiri atas prosedur, jadwal pekerjaan, mekanisme, aktivitas, dan hal-hal
rutin, dimana jasa dihasilkan dan disampaikan kepada konsumen.
-
Kompleksitas (complexity)
-
Keragaman (divergence)
f)
Layanan konsumen
Menurut Christopher Lovelock, itu
mencakup:
-
Identifikasi misi jasa
-
Penentuan sasaran dari layanan konsumen
-
Perumusan strategi layanan konsumen
-
Implementasi
3.
Menurut Paul Peter dan James Donnelly
dalam buku “Marketing Management”
a) Strategi
produk
Jumlah dari kepuasan fisik, psikologis, dan
sosiologis pembeli dari hasil pembelian, kepemilikan, dan konsumsi.
-
Siklus usaha produk
-
Bauran produk dan lini produk
-
Merek pribadi
-
Kemasan khas
b) Strategi
promosi
-
Penjualan nonpersonal
-
Penjualan personal
c) Strategi
distribusi
d) Strategi
penetapan harga
4.
Menurut Kotler dan Armstrong
Ada Empat kelompok variabel bauran
pemasaran yang dikenal dengan 4P :
a.
Produk (Product) : kombinasi barang dan jasa yang
ditawarkan oleh perusahaan kepada pasar sasaran
b. Harga
(Price) : sejumlah uang yang
harus dibayar oleh pelanggan untuk memperoleh produk
c.
Distribusi (Place) : aktivitas
perusahaan agar produk mudah didapatkan konsumen Sasarannya
d. Promosi
(Promotion) : meliputi produk (barang), price (harga), distribusi
(place) dan Promosi (kegiatan memasarkan barang)
Jadi dapat disimpulkan bahwa elemen-elemen bauran
pemasaran yaitu :
a) Produk : Barang atau jasa yang dipasarkan. Di dalam produk terdapat Merek dagang (Brand),
Kemasan (Packaging), Kualitas/mutu produk, Pelayanan (Services),
Diversifikasi produk, Pengembangan produk
b) Price : Jumlah yg akan dibayar oleh konsumen
untuk membayar produk. Harga meliputi unsur-unsur daftar harga, potongan,
bonus, jangka waktu pembayaran, aturan kredit. Harga biasanya digunakan
oleh konsumen/pelanggan sebagai indikator kualitas. Artinya kalau harganya
mahal seharusnya kualitasnya baik, dan sebaliknya, kalau harganya murah, maka
produk/jasa yang dibeli biasanya kualitasnya tidak baik
c) Place : Sarana yang produsen gunakan untuk
memasarkan/menjual produk atau jasa.
Tempat ini dibedakan menjadi dua ada yaitu:
Ø Saluran
tempat secara langsung seperti pasar, toko, warung, agen, internet, mail order, direct mail dsb
Ø Saluran
tempat tidak langsung atau distribusi seperti pabrik –konsumen, pabrik – eceran
– konsumen , pabrik – grosir – eceran – konsumen
d)
Promotion : Cara produsen menawarkan
barang atau jasa yang ia jual ke konsumen. Cara promosi seperti advertising,
public relations and publicity, personal selling, non personal selling dan
direct marketing
e)
People :
Orang atau SDM yang mewakili bisnis. People meliputi karyawan, manajemen,
budaya yang dikembangkan dan custumer
service
f)
Process :
Gabungan semua aktivitas yang terdiri atas prosedur, jadwal pekerjaan,
mekanisme, aktivitas, dan hal-hal rutin, dimana jasa dihasilkan dan disampaikan
kepada konsumen, meliputi Kompleksitas (complexity) dan Keragaman (divergence)
g)
Physical Environment (Lingkungan Fisik) : Keadaan sekitar atau suasana sekitar
atau Merupakan lingkungan fisik dimana jasa disampaikan, perusahaan jasa dan
konsumennya berinteraksi dan setiap komponen yang berwujud memfasilitasi
penampilan atau komunikasi jasa tersebut. Lingkungan fisik meliputi smart
(kecerdasan), run-down (susunan acara), Interface (antarmuka), Comfort
(kenyamanan) dan facilities (fasilitas)
yang menurut lovelock di dapat dari buku apa atau jpurnal apa ya?
BalasHapusminta izin ambil artikel terima kasih
BalasHapus