Resume perkuliahan
Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan pertemuan ke-8 Pada Hari Selasa, 7 April
2015 oleh kelompok 7 yaitu Arsita Mien. T dan Silfiana Septiani dikarenakan Pak
Amril Muhammad tidak dapat hadir dalam perkuliahan dengan membahas tentang Penciptaan dan Pengembangan Produk. Berikut resumenya:
PENCIPTAAN
DAN PENGEMBANGAN PRODUK
A.
Pengertian Produk
Produk adalah seperangkat
atribut baik berwujud maupun yang tidak berwujud, termasuk didalamnya masalah
warna, harga, nama baik pabrik, nama baik toko yang menjual (pengecer), dan
pelayanan pabrik serta pelayanan pengecer, yang diterima oleh pembeli guna
untuk memuaskan keinginanya.
Pengertian produk adalah
sesuatu yang dapat ditawarkan ke dalam pasar untuk diperhatikan, dimiliki,
dipakai, atau dikonsumsi sehingga dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan.
Pengertian Produk Menurut William J. Station
Dalam arti sempit: sebuah
produk adalah sekelompok atribut fisik nyata yang terakit dalam sebuah bentuk
yang dapat didefinisikan. Dalam arti luas: sebuah
produk adalah sekelompok atribut nyata dan tidak nyata didalamnya termasuk
kemasan, warna, harga, mutu dan merek ditambah dengan pelayanan dan reputasi
penjual. Jadi, produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar dan
digunakan untuk memenuhi kebutuhan.
B.
Produk Yang Akan Dipasarkan Akan Melalui Tahap
Produksi
Tahap produksi ini memiliki 3 tingkatan:
1) produk inti
Produk inti merupakan
tingkatan pertama paling mendasar dan menjawab kebutuhan masyarakat. Produk inti hanya sekedar memenuhi permintaan pelanggan saja.
2) produk aktual
Produk aktual ialah
produk inti yang sudah mulai dibangun dengan kualitas, desain, fitur, merk, dan
kemasan.
3) produk tambahan
Produk tambahan adalah
manfaat tambahan yang didapat konsumen setelah menggunakan produk kita jika
dibandingkan dengan produk lainnya.
C.
Dalam Perencanaan Produk Dibedakan Menjadi 2
Klasifikasi Produk
1) Produk konsumen
Produk Konsumen ialah
produk yang langsung digunakan oleh konsumen untuk memenuhi kebutuhannya.
2) Produk industri
Produk industri adalah
produk yang digunakan untuk memproduksi barang lain atau dijadikan sebagai alat
usaha.
D.
Terdapat 3 Sifat Dalam Pembentukan Suatu Produk
1) produk inovatif
produk ini adalah produk
yang benar-benar baru diciptakan/dibuat jadi produk ini belum pernah dipasarkan
sebelumnya
2) produk imitasi
produk ini adalah produk
baru bagi perusahaannya akan tetapi produk tersebut sudah ada sebelumnya
dipasarkan
3) produk pengganti
produk ini adalah produk
yang berasal dari produk yang sudah dipasarkan sebelumnya tetapi diperbarui
E.
Ada Beberapa Kriteria Dalam Penciptaan Produk
1) Harus seimbang antara permintaan pasar dengan produk yang sesuai dengan
lingkungan dan standar sosial serta memenuhi standar yang telah dibuat oleh
pemerintah.
2) Produk harus cocok dengan keuangan pasar atau daya beli
3) Produk tidak boleh memiliki persoalan hukum
4) Pencitraan produk harus dilakukan dengan baik.
Karena, ada produk baru yang kemudian gagal dipasarkan karena tidak melakukan manajemen produk dengan baik, seperti riset pemasaran yang buruk, masalah dengan desain produk yang tidak menarik atau tidak sesuai dengan kondisi pasar, meluncurkan produk pada waktu yang tidak tepat, dan kegagalan dalam manajemen produk.
Karena, ada produk baru yang kemudian gagal dipasarkan karena tidak melakukan manajemen produk dengan baik, seperti riset pemasaran yang buruk, masalah dengan desain produk yang tidak menarik atau tidak sesuai dengan kondisi pasar, meluncurkan produk pada waktu yang tidak tepat, dan kegagalan dalam manajemen produk.
F.
Pengembangan Produk
Pengembangan produk disebut
juga merchandising adalah kegiatan-kegiatan pembuat barang dan perantara
yang bermaksud melakukan penyesuaian barang-barang yang dibuat atau ditawarkan
untuk dijual atas permintaan pembeli. Kegiatan yang termasuk ke dalam pengembangan produk adalah penentuan
kualitas, ukuran, bentuk, daya tarik lahiriah, labeling, cap tanda
(branding), pembungkus (packaging) dan sebagainya untuk menyesuaikan
selera yang sedang tumbuh.
G.
Langkah-Langkah Untuk Menciptakan Dan Mengembangkan
Suatu Produk
1) Penciptaan Ide
2) Penyaringan Ide
3) Pengembangan dan Pengujian Konsep
4) Pengembang Strategi Pemasaran
5) Analisis usaha
6) Pengembangan produk
7) Market testing
8) Komersialisasi
H.
Konsep Daur Hidup Produk Dapat
Dibagi Menjadi Beberapa Tahap Menurut Karakteristik Waktu
1) Waktu Pengenalan Produk (Introduction)
Produsen memperkenalkan
produknya kepada masyarakat luas dengan bermacam cara, seperti promosi, iklan,
pameran, personal selling, spanduk sponsor, televisi, radio, media massa atau
bauran promosi.
2) Waktu pertumbuhan produk (Growth)
Meningkatnya volume
penjualan dengan cepat karena produk sudah menempatkan pada segmen pasar yang
sesuai
3) Waktu kematang/kejenuhan Produk (Maturity)
Titik puncak kejayaan
perusahaan yang ditunjukan dengan peningkatan volume penjualan yang sangat
tinggi. Pada tahap ini produk perusahaan sudah dikenal dengan baik oleh
konsumen, sehingga usaha promosi amat sedikit peranannya dalam meningkatkan
atau menambah volume penjualan
4) Waktu penurunan produk (decline)
Periode saat penjualan
menunjukkan arah yang menurun dan laba menipis. Akibat buruk perilaku konsumen
tersebut menurunkan volume penjualan perusahaan sehingga perusahaan harus
cepat-cepat mengambil kebijaksanaan agar perusahaan tidak bangkrut
I.
Bukti Fisik Jasa
Bukti fisik berperan penting
bagi penyedia jasa dalam membantu sosialiasi, berperan memfasilitasi unjuk
kerja atau tindakan-tindakan individual maupun interdependen dari orang-orang
yang berada di lingkungan servicescape, yaitu konsumen dan karyawan, sebagai paket
dari jasa yang ditawarkan dalam suatu cara yang berbeda dengan cara menawarkan
barang, dapat membedakan perusahaan jasa dari pesaing serta menjadi tanda dari
segmen pasar mana yang dituju.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar