A.
Strategi
Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran
(marketing mix) dalam bidang industri makanan seperti ayam kremes kraton (AKK)
ini selain barang yang dijual, penilaian jasa juga sangatlah penting sehingga
ada 7 aspek yang harus diperhatikan, yakni: product,
price, place, promotion, people, process, dan custumer service.
1.
Produk
Produk dari AKK ini awalnya berasal dari masakan
solo yang menyediakan gudeg, ayam dan masakan solo lainnya termasuk ayam kremes
ini adalah makanan yang paling diminati konsumen sehingga pemilik AKK yaitu ibu
R.R Welas Sriningsih memutuskan untuk membuka restoran khusus ayam kremes yang
diberi nama Ayam Kremes Kraton (AKK).
Pemilihan bahan baku makanan dan minuman sangat
diperhatikan karena itu semua menentukan kualitas dari makanan dan minuman
tersebut. Di akk ini ada 5 supplier untuk ayam. Pengolahan makanan disini pun
ayamnya sudah tinggal goreng di outlet, Ada dua dapur pusat untuk ungkep ayam,
kremes juga sudah ada (bisa dibilang barang setengah jadi). Resep masakan itu
hanya pemilik yang tau, manager outlet pun tidak tau resep masakannya terutama resep
untuk kremesnya. Di dapur pusat pun yang mengolah dari pihak pemilik akk
sendiri. Untuk 4 jenis sambel yang tersedia di akk seperti sambal bawang,
sambal terasi,sambal hijau dan sambal penyet. Sudah 3 bulan belakangan ini, akk
membuat inovasi untuk produk ayamnya yaitu menggunakan ayam tulang lunak
sehingga lebih disukai konsumen.
Ayam,ikan,tahu,tempe merupakan makanan utama yang
pasti tersedia. Kalau sayur dan bebek hanya sebagai pendukung karena peminatnya
hanya sekitar 10% jadi kemungkinan besar bisa tidak tersedia. Tetapi kemarin
saya memesan paket ikan gurame, nasi, aqua dan sayur untuk sayurnya tidak ada
karena sedang kosong, untuk rasa bisa dibilang enak karena ikan guramenya di
tambah dengan kremes khas dari akk.
Minuman di akk awalnya tersedia es teh manis tetapi
dikarenakan AKK semakin ramai, sehingga pegawai merasa sulit untuk memberikan
pelayanan yang cepat maka diganti dengan air mineral yang lebih praktis. Air
mineral yang didesain khusus dengan merek AKK, tujuannya agar konsumen lebih
mudah mengenal dan mengingat AKK ini. Di akk ini memberikan menu dalam bentuk
paket yang sudah menjadi satu dengan minumannya agar konsumen lebih mudah
memilih dan lebih hemat. Selain itu akk jg menyediakan tempat penjual jus
khusus di depan outlet akk dengan beragam jenis jus yang dijual. Keunggulan yang
ditawarkan terhadap makanan di akk ini adalah kremes khas ayam kremes kratonnya
dan 4 jenis sambel yang berbeda. Serta pengontrolan atau pemusatan dapur
pengolahan makanannya itu cukup bagus dengan tujuan perataan rasa. Terkadang ada
restoran di setiap cabangnya berbeda-beda rasa karena pengolahan makanan
tergantung dari cabangnya masing-masing.
2.
Price
Harga makanan di
akk ini sangat bersahabat. Karena incaran konsumen untuk akk ini adalah middle
low jadi harga makanan disini dibilang cukup murah. Sistem yang diterapkan
disini adalah mengambil untung kecil tetapi dapat laku banyak dipasaran,
sehingga modal tertuput dan untung lebih besar daripada menerapkan harga yang mahal
tetapi peminatnya sedikit. Keunggulannya dengan sistem menu paket, akk ini
menyediakan menu paket dengan lauk (ayam, ikan, bebek), sayur (asem, kangkung,
lodeh), tahu, tempe dan aqua dengan harga sangat terjangkau. Pemesanan delivery
pun tidak dikenakan biaya antar, dan tepat waktu dalam pengantarannya. Harga jus
yang dijual diluar outlet akk ini juga cukup murah sekitar 10-15 ribu. Sehingga
konsumen di akk ini terus bertambah.
3.
Place
Ayam Kremes Kraton ini mempunyai 5 outlet di Jakarta yaitu di Tebet, Boulevard
Kelapa Gading, Gading Batavia, Sunter, dan Utan Kayu. Outlet utama dan
pertamanya berada di Sunter. Untuk outlet Utan Kayu ini sendiri baru berdiri
sekitar 2-3 tahunan dengan 2 kali pindah tempat. Fasilitas AKK Utan Kayu ini
masih memiliki beberapa kekurangan yaitu kurang tersedianya tempat parkir yang
luas, tidak adanya musholla, dan hanya memiliki satu ruangan biasa saja. Outlet
AKK paling besar berada di Tebet, yang memiliki tempat biasa (ada lesehan),
smooking area dan ruangan ber-AC.
Pemilik akk dalam pemilihan tempat untuk membuka
cabang, selalu melihat kondisi lingkungan sekitar apakah strategis atau tidak. Baik
dilihat dari kepadatan penduduknya, sekolah, mall ataupun kantor-kantor
disekelilingnya, kendaraan yang mudah dijangkau atau dilihat dari maju dan
berkembangnya kawasan tersebut. Seperti dikelapa gading dan tebet dimana disitu
kawasan yang memang dikelilingi mall-mall, sekolah, rumah penduduk dan terutama
tempat tongkrongan masyarakat. Keunggulannya selain tempat makannya yang
strategis, fasilitas yang disediakan juga cukup nyaman. Walaupun kekurangannya
masing pada fasilitas seperti kurangnya lahan parker lalu pemakaian ac belum
ada disemua outlet dan ruang smooking/ no smooking blm diterapkan dikelima
outlet.
4.
Promotion
Akk tidak ada
tim khusus untuk penyebaran promosi restoran. Akk dibangun dari nol, cara
promosinya hanya dari mulut ke mulut tidak mengandalkan brosur, spanduk maupun
iklan dimanapun. Terbukti saat ini akk sudah maju pesat yang hanya megandalkan
promosi dari mulut ke mulut. Seperti saat ini wawancara kepada manager mengenai
pemasaran jasa di akk itu sudah termasuk dalam pemasaran karena memberikan
informasi mengenai akk. Dengan promosi dari mulut ke mulut, perusahaan tidak
perlu mengeluarkan uang lebih untuk promosi khusus ke masyarakat karena akk ini
ingin berkembang benar-benar dengan caranya sendiri.
Menurut saya
promosi seperti itu memang efisien tetapi jika dilihat dengan pesaing dari
restoran lain, akk akan lama untuk berkembangnya dikarenakan hanya mengandalkan
satu cara berpromosi. Semestinya promosi bisa menggunakan media sosial,
pemasangan iklan dikoran ataupun penyebaran brosur agar akk ini berkembang
lebih cepat.
5.
People
Pemilik Ayam Kremes Kraton (AKK) ini bernama Ibu
R.R. Welas Sriningsih, seorang Chinese keturunan kraton. Salah satu orang
kepercayaan beliau adalah Ibu Rovi, manager yang memegang 5 outlet hingga saat
ini. Dahulu Ibu Rovi sebelum jadi manager beliau adalah seorang kasir di AKK.
Ibu rovi ini bagian operasional perusahaan saja tetapi masalah pemilihan lokasi
untuk pembukaan caban baru, beliau tidak mengetahui karena itu urusan atasan.
Latar belakang pemilik akk, ibu welas memang sudah
berpengalaman dalam bidang kuliner. Keluarganya sudah lama memiliki usaha dalam
bidang kuliner sehingga beliau dapat menghandle semuanya. Ibu welas juga yang
mengajarkan ibu rovi dalam mengontrol operasional di outler.
Pegawai di Ayam Kremes Kraton (AKK) awalnya semua
dipegang oleh satu orang, namun sekarang sudah dibagi-bagi per bagian. Untuk
makan di tempat yaitu ada waiter(3 bulan belakangan ini sudah tidak ada), OB
,bagian gerobak (penyaji makanan),kasir, cuci piring, dan supervisor. Sementara
itu, untuk delivery yaitu ada bagian goreng,bungkus,dan pengantar makanan.
Jumlah pegawai di setiap outlet berbeda-beda. Ada yang 17,25, dan 35 orang.
Untuk outlet Utan Kayu ini pegawainya berjumlah 17 orang. Pegawai juga diambil
dari daerah yang kebanyakan lulusan smp, lulusan sma pun jarang. Ancaman bagi
akk sendiri adalah dalam perekrutan karyawan dimana restaoran lain banyak yang
menerapkan syarat standar karyawan adalah minimal lulusan SMA,
Pegawai di akk dididik oleh Ibu Rovi. Sistem
rekruitmen disini tidak ada lewat lowongan kerja, namun dari teman ke teman
atau diambil dari daerah karena mau dibayar dengan gaji kecil. Awalnya pegawai
disediakan Mess, namun sekarang sudah tidak. Ada juga beberapa outlet yang
pegawainya tinggal di dalam outlet.
Pegawai yang diberi pelatihan kerja oleh ibu rovi
sudah dibilang handal dalam melayani konsumen. Untuk juru masak itu juga diatur
oleh pemilik akk, di handle oleh keluarga pemilik akk yang sudah berpengalaman
dalam memasak sehingga hasil dari semuanya baik rasa masakan dan pelayanan di
akk cukup baik. Yang diutamakan di akk ini adalah pelayanannya dengan membuat
SDM disini solid makan pelayan yang dihasilkan juga akan baik.
6.
Process
Proses pemesanan
di akk ini awalnya seperti restoran pada umumnya dengan menggunakan pelayan
yang mencatat pesanan konsumen tetapi sekarang berubah menjadi seperti di kfc
dan hokben dimana saat memesan langsung membayar dikasir. Dengan pemesanan
seperti itu jadi lebih cepat dan praktis. Sedangkan untuk delivery, baru
tanggal 1 mei ini diterapkan sistem terpusat dimana saat konsumen menelpon yang
menghandle pesanan adalah custumer service pusat dan pesanan yang diinput
langsung dikirim ke masing-masing outlet terdekat. Waktu pengantaran pemesanan
delivery juga bisa dibilang cepat. Sehingga untuk konsumen yang malas keluar
rumah atau kantor bisa memesan dengan cara delivery.
7.
Custumer
Service
Dalam melakukan
aktifitasnya, seluruh staff terutama pelayan selalu melakukan yang terbaik
dalam melayani konsumen. Dengan sikap ramah, selalu tersenyum, sopan, pelayanan
cepat itu adalah hal terpenting yang selalu akk andalkan dalam hal pelayanan. Itu
semua agar konsumen dapat merasa nyaman dan merasa puas sehingga pemasaran dari
mulut ke mulut dapat terus terjadi dari konsumen itu sendiri sehingga akk lebih
dikenal dan diminati banyak orang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar