Senin, 25 Mei 2015

Analisis Hasil Outing Class di Ayam Kremes Kraton (AKK) Utan Kayu

A.     Strategi Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran (marketing mix) dalam bidang industri makanan seperti ayam kremes kraton (AKK) ini selain barang yang dijual, penilaian jasa juga sangatlah penting sehingga ada 7 aspek yang harus diperhatikan, yakni: product, price, place, promotion, people, process, dan custumer service.

1.     Produk
Produk dari AKK ini awalnya berasal dari masakan solo yang menyediakan gudeg, ayam dan masakan solo lainnya termasuk ayam kremes ini adalah makanan yang paling diminati konsumen sehingga pemilik AKK yaitu ibu R.R Welas Sriningsih memutuskan untuk membuka restoran khusus ayam kremes yang diberi nama Ayam Kremes Kraton (AKK).
Pemilihan bahan baku makanan dan minuman sangat diperhatikan karena itu semua menentukan kualitas dari makanan dan minuman tersebut. Di akk ini ada 5 supplier untuk ayam. Pengolahan makanan disini pun ayamnya sudah tinggal goreng di outlet, Ada dua dapur pusat untuk ungkep ayam, kremes juga sudah ada (bisa dibilang barang setengah jadi). Resep masakan itu hanya pemilik yang tau, manager outlet pun tidak tau resep masakannya terutama resep untuk kremesnya. Di dapur pusat pun yang mengolah dari pihak pemilik akk sendiri. Untuk 4 jenis sambel yang tersedia di akk seperti sambal bawang, sambal terasi,sambal hijau dan sambal penyet. Sudah 3 bulan belakangan ini, akk membuat inovasi untuk produk ayamnya yaitu menggunakan ayam tulang lunak sehingga lebih disukai konsumen.
Ayam,ikan,tahu,tempe merupakan makanan utama yang pasti tersedia. Kalau sayur dan bebek hanya sebagai pendukung karena peminatnya hanya sekitar 10% jadi kemungkinan besar bisa tidak tersedia. Tetapi kemarin saya memesan paket ikan gurame, nasi, aqua dan sayur untuk sayurnya tidak ada karena sedang kosong, untuk rasa bisa dibilang enak karena ikan guramenya di tambah dengan kremes khas dari akk.
Minuman di akk awalnya tersedia es teh manis tetapi dikarenakan AKK semakin ramai, sehingga pegawai merasa sulit untuk memberikan pelayanan yang cepat maka diganti dengan air mineral yang lebih praktis. Air mineral yang didesain khusus dengan merek AKK, tujuannya agar konsumen lebih mudah mengenal dan mengingat AKK ini. Di akk ini memberikan menu dalam bentuk paket yang sudah menjadi satu dengan minumannya agar konsumen lebih mudah memilih dan lebih hemat. Selain itu akk jg menyediakan tempat penjual jus khusus di depan outlet akk dengan beragam jenis jus yang dijual. Keunggulan yang ditawarkan terhadap makanan di akk ini adalah kremes khas ayam kremes kratonnya dan 4 jenis sambel yang berbeda. Serta pengontrolan atau pemusatan dapur pengolahan makanannya itu cukup bagus dengan tujuan perataan rasa. Terkadang ada restoran di setiap cabangnya berbeda-beda rasa karena pengolahan makanan tergantung dari cabangnya masing-masing.

2.     Price
Harga makanan di akk ini sangat bersahabat. Karena incaran konsumen untuk akk ini adalah middle low jadi harga makanan disini dibilang cukup murah. Sistem yang diterapkan disini adalah mengambil untung kecil tetapi dapat laku banyak dipasaran, sehingga modal tertuput dan untung lebih besar daripada menerapkan harga yang mahal tetapi peminatnya sedikit. Keunggulannya dengan sistem menu paket, akk ini menyediakan menu paket dengan lauk (ayam, ikan, bebek), sayur (asem, kangkung, lodeh), tahu, tempe dan aqua dengan harga sangat terjangkau. Pemesanan delivery pun tidak dikenakan biaya antar, dan tepat waktu dalam pengantarannya. Harga jus yang dijual diluar outlet akk ini juga cukup murah sekitar 10-15 ribu. Sehingga konsumen di akk ini terus bertambah.

3.     Place
Ayam Kremes Kraton ini mempunyai  5 outlet di Jakarta yaitu di Tebet, Boulevard Kelapa Gading, Gading Batavia, Sunter, dan Utan Kayu. Outlet utama dan pertamanya berada di Sunter. Untuk outlet Utan Kayu ini sendiri baru berdiri sekitar 2-3 tahunan dengan 2 kali pindah tempat. Fasilitas AKK Utan Kayu ini masih memiliki beberapa kekurangan yaitu kurang tersedianya tempat parkir yang luas, tidak adanya musholla, dan hanya memiliki satu ruangan biasa saja. Outlet AKK paling besar berada di Tebet, yang memiliki tempat biasa (ada lesehan), smooking area dan ruangan ber-AC.
Pemilik akk dalam pemilihan tempat untuk membuka cabang, selalu melihat kondisi lingkungan sekitar apakah strategis atau tidak. Baik dilihat dari kepadatan penduduknya, sekolah, mall ataupun kantor-kantor disekelilingnya, kendaraan yang mudah dijangkau atau dilihat dari maju dan berkembangnya kawasan tersebut. Seperti dikelapa gading dan tebet dimana disitu kawasan yang memang dikelilingi mall-mall, sekolah, rumah penduduk dan terutama tempat tongkrongan masyarakat. Keunggulannya selain tempat makannya yang strategis, fasilitas yang disediakan juga cukup nyaman. Walaupun kekurangannya masing pada fasilitas seperti kurangnya lahan parker lalu pemakaian ac belum ada disemua outlet dan ruang smooking/ no smooking blm diterapkan dikelima outlet.

4.     Promotion
Akk tidak ada tim khusus untuk penyebaran promosi restoran. Akk dibangun dari nol, cara promosinya hanya dari mulut ke mulut tidak mengandalkan brosur, spanduk maupun iklan dimanapun. Terbukti saat ini akk sudah maju pesat yang hanya megandalkan promosi dari mulut ke mulut. Seperti saat ini wawancara kepada manager mengenai pemasaran jasa di akk itu sudah termasuk dalam pemasaran karena memberikan informasi mengenai akk. Dengan promosi dari mulut ke mulut, perusahaan tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk promosi khusus ke masyarakat karena akk ini ingin berkembang benar-benar dengan caranya sendiri.
Menurut saya promosi seperti itu memang efisien tetapi jika dilihat dengan pesaing dari restoran lain, akk akan lama untuk berkembangnya dikarenakan hanya mengandalkan satu cara berpromosi. Semestinya promosi bisa menggunakan media sosial, pemasangan iklan dikoran ataupun penyebaran brosur agar akk ini berkembang lebih cepat.

5.     People
Pemilik Ayam Kremes Kraton (AKK) ini bernama Ibu R.R. Welas Sriningsih, seorang Chinese keturunan kraton. Salah satu orang kepercayaan beliau adalah Ibu Rovi, manager yang memegang 5 outlet hingga saat ini. Dahulu Ibu Rovi sebelum jadi manager beliau adalah seorang kasir di AKK. Ibu rovi ini bagian operasional perusahaan saja tetapi masalah pemilihan lokasi untuk pembukaan caban baru, beliau tidak mengetahui karena itu urusan atasan.
Latar belakang pemilik akk, ibu welas memang sudah berpengalaman dalam bidang kuliner. Keluarganya sudah lama memiliki usaha dalam bidang kuliner sehingga beliau dapat menghandle semuanya. Ibu welas juga yang mengajarkan ibu rovi dalam mengontrol operasional di outler.
Pegawai di Ayam Kremes Kraton (AKK) awalnya semua dipegang oleh satu orang, namun sekarang sudah dibagi-bagi per bagian. Untuk makan di tempat yaitu ada waiter(3 bulan belakangan ini sudah tidak ada), OB ,bagian gerobak (penyaji makanan),kasir, cuci piring, dan supervisor. Sementara itu, untuk delivery yaitu ada bagian goreng,bungkus,dan pengantar makanan. Jumlah pegawai di setiap outlet berbeda-beda. Ada yang 17,25, dan 35 orang. Untuk outlet Utan Kayu ini pegawainya berjumlah 17 orang. Pegawai juga diambil dari daerah yang kebanyakan lulusan smp, lulusan sma pun jarang. Ancaman bagi akk sendiri adalah dalam perekrutan karyawan dimana restaoran lain banyak yang menerapkan syarat standar karyawan adalah minimal lulusan SMA,
Pegawai di akk dididik oleh Ibu Rovi. Sistem rekruitmen disini tidak ada lewat lowongan kerja, namun dari teman ke teman atau diambil dari daerah karena mau dibayar dengan gaji kecil. Awalnya pegawai disediakan Mess, namun sekarang sudah tidak. Ada juga beberapa outlet yang pegawainya tinggal di dalam outlet.
Pegawai yang diberi pelatihan kerja oleh ibu rovi sudah dibilang handal dalam melayani konsumen. Untuk juru masak itu juga diatur oleh pemilik akk, di handle oleh keluarga pemilik akk yang sudah berpengalaman dalam memasak sehingga hasil dari semuanya baik rasa masakan dan pelayanan di akk cukup baik. Yang diutamakan di akk ini adalah pelayanannya dengan membuat SDM disini solid makan pelayan yang dihasilkan juga akan baik.

6.     Process
Proses pemesanan di akk ini awalnya seperti restoran pada umumnya dengan menggunakan pelayan yang mencatat pesanan konsumen tetapi sekarang berubah menjadi seperti di kfc dan hokben dimana saat memesan langsung membayar dikasir. Dengan pemesanan seperti itu jadi lebih cepat dan praktis. Sedangkan untuk delivery, baru tanggal 1 mei ini diterapkan sistem terpusat dimana saat konsumen menelpon yang menghandle pesanan adalah custumer service pusat dan pesanan yang diinput langsung dikirim ke masing-masing outlet terdekat. Waktu pengantaran pemesanan delivery juga bisa dibilang cepat. Sehingga untuk konsumen yang malas keluar rumah atau kantor bisa memesan dengan cara delivery.

7.     Custumer Service

Dalam melakukan aktifitasnya, seluruh staff terutama pelayan selalu melakukan yang terbaik dalam melayani konsumen. Dengan sikap ramah, selalu tersenyum, sopan, pelayanan cepat itu adalah hal terpenting yang selalu akk andalkan dalam hal pelayanan. Itu semua agar konsumen dapat merasa nyaman dan merasa puas sehingga pemasaran dari mulut ke mulut dapat terus terjadi dari konsumen itu sendiri sehingga akk lebih dikenal dan diminati banyak orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar